Lompat ke Konten Lompat ke Sidebar Lompat ke Footer

6 Faktor penyebab susah buang air besar orang dewasa

Memiliki masalah susah buang air besar merupakan suatu hal yang wajar dan sering dialami oleh siapa saja.  Namun jika susah buang air besar ini sering terjadi, bisa jadi ada berbagai masalah yang menyebabkan hal tersebut. Jika masalah yang menyebabkan buang air besar ini tidak segera diatasi, maka bisa berdampak pada kesehatan tubuh share keseluruhan. 

susah buang air besar, sakit perut,

Perlu diketahui jika tubuh dapat melakukan pengeluaran kotoran termasuk dengan cara buang air besar secara lancar, hal ini akan bisa membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu seseorang yang bisa buang air besar secara lancar setiap hari, maka akan terhindar dari berbagai penyakit. Hanya rutin buang air besar dengan lancar, maka tubuh akan menjadi lebih ringan sehingga dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan lancar.

Jika teman-teman memiliki masalah susah buang air besar maka teman-teman harus segera mengatasi masalah tersebut sebelum terjadi masalah lain, yang terkait dengan terjadinya susah buang air besar ini. Namun sebelum teman-teman mengatasi masalah tersebut, teman-teman harus mengetahui apa saja yang menyebabkan teman-teman kesulitan buang air besar. 

Sehingga ketika teman-teman mencari solusi untuk mengatasi masalah sulit buang air besar akan lebih efektif. Ini karena solusi yang didapatkan nantinya solusi yang teman-teman dapatkan dapat secara efektif pada penyebab atau sumber masalah yang menyebabkan teman-teman kesulitan buang air besar.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan susah buang air besar pada seseorang. Faktor-faktor yang diulas di bawah ini merupakan suatu faktor umum terjadinya susah buang air besar pada seseorang.

Kurang serat.

Perlu teman-teman ketahui bahwa faktor umum yang menyebabkan seseorang susah buang air besar yaitu karena kurangnya asupan serat pada tubuh. Sehingga hal ini akan menyebabkan seseorang bisa susah buang air besar. Bahkan seseorang tersebut akan pulang air besar selama beberapa hari sekali.

Teman-teman ketahui bahwa serat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sayuran dan berbagai jenis buah-buahan. Dimana serat pada makanan seperti ini dapat membantu mendorong keluarnya kotoran yang ada dalam saluran pencernaan. Dengan demikian dapat membuat seseorang lancar buang air besar.

Kurang minum.

Kurang minum air putih juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab susah buang air besar. Karena kekurangan air putih seperti ini dapat membuat kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan menjadi lebih padat dan juga keras. Sehingga akan sulit keluar yang akan menyebabkan seseorang susah buang air besar.

Untuk mengetahui bahwa teman-teman kekurangan cairan atau tidak, teman-teman bisa mengetahuinya melalui kondisi warna urine. Ketika urine berwarna kuning ini bisa jadi teman teman kekurangan cairan tubuh, sehingga disarankan untuk banyak minum air putih.

Demikian jika teman-teman mendapatkan asupan air yang cukup, maka hal ini juga akan dapat menyehatkan saluran pencernaan teman-teman. Karena teman-teman bisa buang air besar dengan lancar dan juga dapat mencegah kesehatan ginjal,  karena teman-teman dapat mengeluarkan urin yang normal.

Sering menahan buang air besar.

Sering menahan buang air besar juga bisa membuat seseorang susah melakukan buang air besar. Hal ini karena kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan akan menumpuk dan juga memadat. Sehingga ketika sering menahan atau menunda buang air besar, ini bisa menyebabkan kotoran yang ada dalam saluran pencernaan akan kesulitan untuk keluar.

Jarang olahraga.

Aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat mempengaruhi lancar atau tidaknya buang air besar. Jika teman-teman sering melakukan olahraga, bisa jadi teman-teman akan dengan mudah melakukan buang air besar.

Ini karena dengan melakukan olahraga fisik ini dapat membuat peningkatan pergerakan pada otot pada saluran pencernaan atau usus. Dengan demikian dengan sering melakukan olahraga ini dapat membantu mendorong keluarnya kotoran yang ada dalam pencernaan.

Suplemen kesehatan.

Dengan mengkonsumsi berbagai suplemen kesehatan yang di resep dan oleh dokter bisa jadi menjadi salah satu faktor terjadinya susah buang air besar. Karena berbagai bahan kimia yang terdapat dalam resep tersebut bisa memberikan efek samping, salah satunya juga terjadinya susah buang air besar.

Tidur larut malam.

Ada banyak orang yang mengalami kesulitan tidur sehingga mereka akan tidur larut malam dan bangun tidur juga ketika sudah siang. Hal ini bisa di mempengaruhi kondisi pencernaan mereka sehingga mereka akan susah buang air besar.

Secara alami, seseorang akan melakukan buang air besar ketika bangun tidur dibagi hari. Namun ketika seseorang sudah terlelap karena tidur terlalu malam, sehingga mereka tidak bisa bangun ketika pagi hari. 

Ketika mereka merasakan mulas saat kondisi tidur, maka mereka tidak akan segera melakukan buang air besar karena mereka dalam kondisi yang tidak sadar. 

Sehingga tidur larut malam dan bangun juga siang ini akan mempengaruhi pola buang air besar alami ketika di pagi hari.

Saat seseorang mulas di pagi hari mereka membiarkannya dan tidak segera melakukan buang air besar,  hal ini membuat kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan akan menumpuk dan menghadap sehingga akan sulit  buang air besar nantinya.

Demikian informasi tentang faktor penyebab terjadinya susah buang air besar yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang penyebab susah buang air besar, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang faktor penyebab buang air besar ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Faktor penyebab susah buang air besar orang dewasa"